Kisi-kisi Soal Ujian Nasional SMA Tahun 2012

Ujian Nasional untuk Sekolah Menengah Atas ( SMA ) dan Madrasah Aliyah ( MA ) tahun 2012 direncanakan akan dilaksanakan tanggal 16 - 19 April 2012. Sudah siapkah Anda yang saat ini duduk dibangku kelas XII menghadapi UN tahun ini ?
Untuk membantu persiapan Anda, kali ini blog soalunbilogisma.blogspot.com akan menyajikan cuplikan dari kisi-kisi soal UN SMA 2012 khusus mata pelajaran Biologi.Kisi-kisi ujian nasional tahun 2012 terdiri atas 10 kompetensi yang diujikan dengan 40 indikator yang terbagi secara tidak merata pada setiap kompetensi.
Kisi-kisi Ujian nasional BIOLOGI  SMA/MA meliputi :
  • Kompetensi 1 . Memahami hakekat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan obyek permasalahan biologi melalui metode ilmiah. Dengan indikator : Menjelaskan obyek dan permasalahan biologi.
  • Kompetensi 2 . Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya. Dengan indikator : 1. mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok protista / jamur , 2. mengidentifikasi peran virus / archaeobacteria / eubacteria bagi kehidupan manusia, 3. menentukan dasar pengelompokan mahkluk hidup, 4. menjelaskan tujuan dari upaya pelestarian keanekaragaman hayati tertentu, 5. mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya, 6. mengidentifikasi cara perkembangbiakan invertebrata, 7. mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan / tumbuhan
  • Kompetensi 3. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem. Dengan indikator : 1. menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, 2. menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia, 3. menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan / pencemaran lingkungan.
  • Kompetensi 4. Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan. Dengan indikator : 1. menjelaskan struktur sel / komponen kimiawi sel / proses yang terjadi pada sel. 2. mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel tumbuhan / hewan, 3. mengidentifikasi jaringan tumbuhan / hewan sesuai fungsinya.
Inilah beberapa bagian dari Kisi-kisi Ujian Nasional SMA / MA tahun 2012 untuk mata pelajaran biologi. Untuk versi lengkap dari kompetensi 1 sampai dengan kompetensi 10 bisa anda download di sini atau di sini.
Selamat belajar selamat berlatih , semoga kesuksesan menyertai Anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar