Koreksi Soal Ujian Nasional SMA / MA Tahun 2012

Ujian Nasional SMA telah digelar dan juga telah diumumkan hasilnya.
Inilah beberapa cuplikan soal  Ujian Nasional ( UN )  SMA / MA program IPA untuk matapelajaran Biologi yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 19 April 2012 pukul 11.00 - 13.00 yang menurut sepengetahuan saya "kurang" pas. Soal saya salin persis sama dengan yang tercetak dalam lembaran soal UN Biologi SMA/MA IPA tahun 2012.

Soal No. 1 paket E45.
Dahulu orang beranggapan bahwa penyakit malaria disebabkan  udara buruk, berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran / kesehatan penyakit ini dapat dibasmi dan diupayakan penyembuhannya. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa cara efektif pencegahan malaria yang disebabkan gigitan nyamuk Anopheles sp dapat dilakukan dengan cara ...
a. mencari predator nyamuk Anopheles
b. memutus perkembangbiakan nyamuk Anopheles
c. mengobati penderita malaria sampai tuntas
d. mengisolasi penderita malaria di ruang khusus
e. memproduksi obat kimia sebanyak mungkin

yang " kurang pas " dari soal tersebut antara lain :

 
  • pada Kalimat soal : Dahulu orang beranggapan bahwa penyakit ......................dst. Mungkin sebaiknya diganti dengan Pada zaman dahulu ......dstnya, atau Pada tahun ...... ( ini  lebih ilmiah dan faktual ).
  • masih pada kalimat soal yang sama :  Dahulu orang beranggapan bahwa penyakit malaria disebabkan  udara buruk, berkat kemajuan. Bagaimana kalau ...udara buruk. ( pakai titik / . bukan koma / , ) sehingga menjadi .........udara buruk. Berkat kemajuan .............. Saya berharap ini hanyalah kesalahan cetak.
  • pada Kalimat soal : Hasil penelitian  menunjukkan bahwa cara efektif pencegahan malaria yang disebabkan gigitan nyamuk Anopheles sp .............dst-nya. Pertanyaannya : Apakah   malaria disebabkan gigitan nyamuk Anopheles sp ?  Sejauh yang saya tahu, penyakit malaria disebabkan oleh sejenis Protista mirip hewan yang bernama Plasmodium sp ( bisa :  malariae, vivax, falciparum atau jenis lain darinya ), sedangkan nyamuk Anopheles sp hanyalah menyebarkan Plasmodium  ( bagian dari daur hidup ) itu dari tubuh seseorang yang telah menderita penyakit malaria kepada orang lain  ( manusia lain, yang mungkin belum menderita malaria, mungkin juga sudah ). Mungkin orang bisa berseloroh, lha...kalau manusia tidak digigit nyamuk Anopheles kan tidak terkena penyakit malaria  ? ........he..he..betul juga ya ?
  • option 
    a. mencari predator nyamuk Anopheles
    b. memutus perkembangbiakan nyamuk Anopheles
    memiliki kedekatan hubungan, dalam arti mencari predator nyamuk Anopheles sp bisa menjadi bagian upaya memutus perkembangbiakan ( lebih baiknya menggunakan istilah " daur hidup "  ) nyamuk Anopheles sp. Sehingga kedua opsi tersebut disingkirkan salah satu. Mungkin jawaban benar yang diinginkan dari soal tersebut adalah opsi b. memutus perkembangbiakan nyamuk Anopheles sp. Namun bagi siswa yang memiliki cara berpikir global bisa terjebak dengan opsi a. mencari predator nyamuk Anopheles, meskipun dalam soal tertulis ....cara efektif............. Namun akan lebih baik dicarikan opsi lain yang tidak menimbulkan kontroversi.

    Itulah beberapa "urun-rembug" yang bisa saya berikan. Mohon maaf, Kalau apa yang saya sampaikan ini salah, pastilah ini karena kekurangtahuan atau bahkan kebodohan saya.
    Saya tidak mempunyai maksud apa-apa, saya hanya mencoba membuka  dan menambah wawasan keilmuwan  . Perbedaan bisa lebih mendewasakan manusia. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar